Kamis, 01 Maret 2012

Mengenal Istilah-istilah Backpacking


 Istilah-istilah Backpacking


Sebagian orang mungkin masih asing dengan istilah-istilah yang sering digunakan dalam backpacking maupun dunia pariwisata secara umum. Berikut ini penjelasan beberapa istilah yang sering ditemui:

Dormitory
 
Dormitory adalah salah satu tipe kamar yang disediakan guesthouse atau hostel. Penghuninya adalah beberapa orang yang belum saling mengenal sebelumnya. Biasanya, dormitory diisi 4 sampai 10 orang yang tidur dalam ruangan yang sama. Penghuni dormitory dituntut toleransi yang sangat tinggi, seperti tidak merokok atau berisik di dalam ruangan. Dormitory sangat populer di kalangan backpacker karena tarifnya lebih murah.


Hostel
 
Hostel adalah tempat menginap dengan fasilitas yang digunakan secara bersama oleh penghuninya, misalnya kamar mandi, ruang duduk dan dapur. Karena itu, penghuni hostel punya kesempatan lebih besar untuk bersoalisasi dengan tamu yang lain. Selain dormitory, hostel juga menyediakan kamar privat seperti layaknya hotel.

Guesthouse
 
Guesthouse sebenarnya rumah biasa yang sebagian kamar-kamarnya disewakan kepada tamu. Pemilik guesthouse tinggal di bangunan yang sama dan dikelola anggota keluarganya sendiri.

Pension
 
Ini hanyalah istilah lain untuk guesthouse. Kata “pension” sering digunakan di Turki atau negara-negara di sekitar laut Mediterania. Pemilik pension biasanya juga tinggal di bangunan yang sama.

Homestay
 
Homestay hampir sama dengan guesthouse, namun tamunya tinggal dalam jangka waktu lama. Program homestay sering diikuti pelajar asing untuk mempelajari kebudayaan setempat.

Bed and Breakfast (B and B)
 
Tempat menginap yang menyediakan sarapan pagi dan tempat tidur. Penginapan jenis ini tidak memiliki restoran atau bar, hanya menyediakan makan pagi saja untuk tamunya. Bed and Breakfast biasanya penginapan kecil, jumlah kamarnya biasanya tak lebih dari 10 buah.

Youth Hostel
 
Fasilitas dan fungsinya sama seperti hostel biasa. Namun, istilah Youth Hostel sering ditujukan pada hostel-hostel yang menjadi anggota International Youth Hostel Federation (IYHF). Lembaga ini mewadahi lebih dari 4500 hostel di seluruh dunia di lebih dari 90 negara. Dalam bahasa Indonesia, istilah Youth Hostel diterjemahkan sebagai Pesanggrahan Pemuda. Di beberapa negara, termasuk Indonesia, Youth Hostel juga dikelola oleh pemerintah. Seluruh hostel yang menjadi anggota IYHF memasang logo segitiga berwarna biru yang bergambar pohon cemara dan pondok kecil.

Hitchhiking
 
Istilah ini sering pula disebut thumbing, tramping, hitching, thumbing up a ride, atau autostop. Orang-orang yang ingin bepergian menyetop kendaraan yang lewat dengan mengacungkan jempol sebagai isyarat. Orang yang ditumpangi biasanya tidak memungut bayaran. Karena bisa menghemat biaya transportasi, cara ini sering digunakan backpacker. Hitchhiking sangat lazim di Amerika Utara dan Eropa, namun tidak terlalu populer di Asia dan negara-negara berkembang.

Resort hotel
 
Hotel yang digunakan untuk liburan, lokasinya berada di pantai, pegunungan atau berdekatan dengan obyek wisata. Bentuk bangunannya biasanya landed house.

Business hotel
 
Lokasinya terletak di pusat kota dan lebih banyak digunakan pelaku bisnis. Karena harga tanah di pusat kota sangat mahal, bangunannya biasanya menjulang ke atas.

Boutique hotel
 
Fungsi dan fasilitasnya tidak berbeda dengan hotel biasa, namun boutique hotel membuat ciri khas tersendiri supaya berbeda dari jaringan hotel terkenal. Ciri khas itu antara lain desain bangunan dan interior yang unik serta pelayanan yang lebih personal.

Budget hotel
 
Budget hotel adalah hotel yang menyediakan tempat menginap dengan fasilitas terbatas. Karena tarifnya lebih murah, ukuran kamarnya lebih kecil, desainnya lebih sederhana, serta tipe kamar tertentu tidak memiliki jendela. Beberapa budget hotel mengharuskan tamunya membayar ekstra untuk menikmati fasilitas tambahan. Contoh budget hotel misalnya jaringan Tune Hotel, Value Hotel, Formule1 dan Holiday Inn Express.

Motel
 
Motel adalah hotel yang didesain untuk motoris. Lokasinya berada di pinggir jalan raya dan menyediakan tempat parkir yang luas untuk kendaraan tamunya. Motel biasanya digunakan orang-orang yang bepergian jauh menggunakan kendaraan pribadi. Mereka menggunakan motel sebagai tempat beristirahat sebelum kemudian melanjutkan perjalanannya kembali.

Low cost carrier
 
Low cost carrier adalah maskapai penerbangan yang menyediakan layanan dengan fasilitas terbatas. Harga tiket yang tercantum hanya untuk terbang saja. Penumpang harus membayar ekstra untuk fasilitas tambahan, seperti makanan dan biaya bagasi. Contoh maskapai low cost carrier antara lain Air Asia, JetStar dan Tiger Airways.

Full service airlines
 
Berbeda dengan low cost carrier, layanan yang disediakan full service airlines lebih lengkap dan harga tiket yang tercantum sudah termasuk makanan, bagasi, asuransi dan lain-lain. Terbang dengan full service airlines dianggap lebih nyaman, namun harga tiketnya lebih mahal. Beberapa maskapai full service airlines antara lain Garuda Indonesia, Thai Airways dan Qatar Airways.
 
dengan beberapa perubahan

0 komentar:

Posting Komentar

HARGA ISTIMEWA

Harga celana Kepanduan.

INFO


:: order ditutup pada pukul 21.00 Wib dan masuk daftar list esoknya

:: pengiriman pesanan akan dilakukan pada sabtu - minggu

:: Jangan melakukan Transfer apapun sebelum ada Konfirmasi dari kami

:: jatabek bisa 'COD' min pembelian 10pcs >

:: Kesesuaian gambar dengan aslinya 97% >

About Me

Foto saya
Jakarta Utara, Dki jakarta
menerima pembuatan berbagai macam jaket, celana kepanduan, celana gunung, rok santika/ celana rok, baju PDL/ PDH, topi Rimba/ topi lapangan, kaos outbound/ seragam outbound, seragam olahraga dan berbagai jasa konveksi lainnya

Jakita On Facebook

INFO STOK CELANA KEPANDUAN

Celana Kepanduan.

ukuran S, warna Hitam, 1pcs, bahan bultop.
ukuran M, warna Hitam, 20pcs, bahan bultop.
ukuran L, warna Hitam, 25pcs, bahan bultop
ukuran XL, warna Hitam, 20pcs, bahan bultop
ukuran XXL, warna Coklat kepanduan, 1pcs, bahan bultop.
ukuran M, warna Coklat kepanduan, 7pcs, bahan bultop.
ukuran L, warna Coklat kepanduan, 9pcs, bahan bultop.
------------------------------------------------------------
Rok Celana.

ukuran L, warna Coklat Tua, 1pcs, bahan bultop.
ukuran M, warna Hitam, 10pcs, bahan Drill.
ukuran L, warna Coklat, 1pcs, bahan Drill.
-----------------------------------------------------------
Celana Gunung 7 kantong.

ukuran XXL, warna Crem, 1pcs, bahan bultop.
ukuran XXL, warna Abu-abu, 1pcs, bahan bultop.